Ternyata Bisa Lo Body Rafting di Curug Naga Bogor

Rettttt. Retttt. Hapeku bergetar. Kubuka chat masuk di whatsaap.

cup mau ga ikutan ke curug?”

curug mana?”

curug Naga di Bogor”.

Curug Naga? Emang ada ya curug Naga, kok namanya asing di telinga. Kok bisa namanya curug Naga, jangan jangan ada ular naganya? Atau tempat syuting Naga Bonar?

Ga seperti biasanya kalau ada yang ngajakin jalan pasti langsung kujawab ya, kali ini aku lagi malas karena trip ke Sukabumi yang dibatalin oleh organisernya. Padahal aku sudah mengcancel mudik untuk bulan ini. Kuambil hape dan kuketik di laman pencarian tentang curug ini.

Beberapa laman muncul dan yang paling banyak muncul adalah body rafting. Serius ini bisa body rafting? Di Bogor? Masa iya sih.

jadi gimana mau ikut ga?”

disana mau body rafting ya? Boleh deh”

Begitulah rencana kami sabtu kemaren. Tak ada rotan akar pun jadi. Tak jadi ke Sukabumi ke curug pun jadi. Untuk mempermudah ketemu kami janjian sabtu pagi di stasiun Bogor.

***

Entah sudah berapa kali alarm berbunyi aku pun tak ingat. Aku baru bangun ketika seorang teman nelpon ngingetin mau ke curug. Begitu sampai di stasiun Bogor, sosok itu tak asing. Kurus pakai kaos kuning sudah pasti si wuyung. Bersama dengannya adalah beberapa teman yang sebelumnya ngetrip bareng aku ke Ujung Kulon yaitu Harib, Rosyd, Yonas, Singgih, dan Reza. Cuman yang membuat keningku berkerut adalah kostum mereka. Kenapa beberapa seperti mau ngemall. Aku cuma membayangkan ekspresi mereka nanti saat sampai di curugnya.

Untuk mempermudah transportasi ke curug, kami nyarter angkot. Gampang banget nyari angkotnya, bahkan ga perlu nyari karena begitu keluar stasiun abang abang angkotnya sudah menyerbu kami untuk menawarkan jasa angkotnya. Enaknya lagi supir angkot yang kami carter sudah hapal bin fasih jalan menuju ke curugnya jadilah kami cukup duduk manis dan tancap gas berangkat.

Selama dalam perjalanan ternyata kami harus turun angkot sampai 3 kali karena ada 3 tanjakan curam sehingga setengah penumpang harus turun demi kemaslahatan dan keselamatan bersama. Jalan kami yang lalui merupakan jalan yang sempit sehingga harus ekstra hati-hati. Di pertigaan dekat training TNI kami mesti membayar pungutan ke penyedia angkot di sana sebagai pengganti karena kami bawa angkot sendiri. Bayarnya sih ga seberapa tapi kok gitu ya.

Sampai di kawasan curug kami di sambut oleh pengelola. Mereka menawarkan paket body rafting mau 1 curug saja dengan biaya Rp85.000 atau 2 curug Rp110.000. Kami milih paket 2 curug. Setelah berganti pakaian, pakai pelampung dan pelindung kepala, kami pemanasan dibimbing guidenya, mas ucup. Wth, dari sekian banyak nama kenapa harus ucup?*brb ganti nama*.
image

Untuk menuju spot pertama, kami mesti jalan dulu. Deket sih palingan 300 meter, ternyata di depan kami masih antri untuk turun ke sungainya. Jadilah kami duduk duduk sambil foto foto dulu.
image

Tahukah kamu bagaimana cara masuk sungainya? Loncat? No. Nyebur langsung seperti di Green Canyon? No. cara adalah dengan menuruni lereng setinggi  sekitar 15 meter pakai tali tambang. Air sungainya bro dingin bingit. Nyes di badan.

Dan petualangan pun dimulai. Kami mulai menyusuri sungai.

Nah tantangan pertama adalah loncatan di curug Priuk. Tingginya mungkin hanya sekitar 5 meteran tapi karena sudah lama ga main yang ekstrim ekstrim jadinya mrinding juga. Tapi karena sudah ga ada pilihan mundur ya bismillah loncatttttt! Wuisssss segernya ajib bener. Satu per satu kami loncat.selesai jalan lagi dan ada tebing lagi, loncat lagi.
image

image

Untuk berpindah ke spot berikutnya kami naik ke darat menyusuri jalan setapak dan sampailah di curug kedua yaitu curug Naga. Untuk turunnya kami mengikuti tali tambang ke bawah dan sampai di spot loncat. Lagi?
image

image

woe bayar mahal ini. masak kagak berani locat!”

Begitulah teriakan beberapa dari kami saat ada yang ketakutan untuk loncat lagi. Dan tak terasa hampir 2 jam kami melewati body rafting kali ini. Sesuailah dengan harga yang ditawarkan.

Sayangnya fasilitas di curug naga ini masih minim. Tempat untuk bilas masih sederhana sekali. Warung juga cuma ada  satu satunya disana.

Dan kami pun kembali dengan bahagia tanpa menyesal dengan harga. :p

***

Biaya :

Kereta ke Bogor PP Rp7.000

Carter angkot Rp400.000/11 orang dibulatkan aja jadi Rp40.000 per orang

Paket body rafting Rp110.000

Total per orang Rp157.000

Iklan

Pengunjung yang baik meninggalkan jejak berupa komentar :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s