Kuliner Selama Ngetrip ke Sumbar

Sebenarnya untuk masing-masing kuliner Sumatera Barat telah saya bahas di tiap pos sebelumnya. Akan tetapi, membahas khusus kuliner Sumatera Barat adalah hal menarik buat saya sendiri.

Dari yang paling simpel, siapa sih orang yang ga tahu warung nasi Padang? Bahkan saat saya di Makassar pun, nasi Padang merupakan favorit saya untuk makan karena paling sesuai untuk lidah saya.

Uniknya, selama di Sumatera Barat, saya malah ga menemukan warung nasi Padang :). Yang ada adalah warung nasi Ampera atau nasi kapau.
Sama juga sih dengan nasi goreng Jakarta, saat di Makassar saya menemui menu ini tapi di Jakarta sendiri malah ga ada. Contoh lainnya, warung Tegal, apa di Tegal juga dinamakan nasi Tegal? Kalau yang ini saya ga tahu karena belum pernah ke tegal.

Kembali ke kuliner Sumbar. Waktu mau berangkat ngetrip saya bertekad “one day one nasi kapau” yang artinya minimal saya makan nasi kapau tiap hari sekali.

Berikut ini beberapa kuliner yang saya coba selama jalan-jalan ke Sumatera Barat.

Sate Mak Syukur Padang Panjang
Sempat baca di detik tentang menu ini. Saya sih ga memasukkannya ke list kunjungan saya. Kebetulan setelah dari PDIKM Padang Panjang mau makan siang eh nemu warung ini. Mungkin karena saya bukan pecinta sate Padang jadi rasa rasanya ya biasa saja sih menurut saya.

image

Warung Simpang Raya Bukittinggi
Kalau tempat ini saya tahu dari forum jalan2.com. Kebetulan saya sedang ingin makan nasi Padang yang tipe restoran di Bukittinggi dan nemu warung ini.

Saya makan nasi dengan gulai kepala ikan dan teh manis cuma Rp23.000. Bisa dibilang sangat murah mengingat di Makassar gulai kepala ikan bisa Rp70.000 seporsi.

Teh Talua Bukittinggi
Kalau biasanya saya minum tarik atau teh Thai maka di Bukittinggi saya menemukan teh Talua atau teh telur. Tenang, ga amis kok. Malah cenderung gurih karena ada telur itu.

image

Bubur Ayam Limpapeh

Sebenarnya  nama tempatnya bukan itu. Saya lupa namanya, cuma karena letaknya pas di bawah jelbatan Limpapeh jadi saya sebut demikian. Rasa enak banget karena taburan bawang gorengnya yang cukup banyak.

Bubur Ayam di bawah jembatan Limpapeh
Bubur Ayam di bawah jembatan Limpapeh

Picak Sikai Bukittinggi
Letaknya ada di dekat pintu masuk ke goa Jepang, masuk dari jalan raya 50 meter. Menunya ada dua. Pertama, Picak. Bisa dibilang kayak gado-gado tapi pakai rebung dan keripik singkong. Kedua, Lamang Tapui. Menu ini yang saya suka karena rasa tapenya benar-benar cocok dengan ketannya.

image

Es Durian Ganti Nan Lamo
Sebenarnya ada dua tempat es durian yang letaknya cuma hadap-hadapan. Satunya Es Durian Ganti nan Lamo dan lainnya Es Durian Iko Gantinyo. Saya milih yang pertama. Pokoknya enaklah 🙂

image

Demikian beberapa kuliner yang sempat saya coba di Sumbar. Enak dan unik. Selamat mencoba kalau lagi disana 🙂

Salam.

Pengunjung yang baik meninggalkan jejak berupa komentar :)

