Jogja Punya Themepark Juga Sekarang : Sindu Kusuma Edupark

Orang tentu mengenal Jogja sebagai kota budaya atau kota pendidikan. Dengan dikenal sebagai kota budaya sudah barang tentu Jogja menjadi destinasi wisata favorit para pelancong. Pun sebagai kota pelajar, sudah jadi rahasia umum kalau Jogja merupakan gudangnya kampus dari yang grade A plus sampai Z  juga ada.

Ngomong-ngomong tentang obyek wisata di Jogja, bulan lalu saya ga sengaja datang ke Sindu Kusuma Edupark (SKE). Saya bilang ga sengaja karena memang awalnya tak ada niat untuk kesana. Awalnya saya nemenin kakak yang lagi hunting suatu barang di Malioboro. Nah pas baliknya iseng-iseng kakak yang nyetir motor malah lewat depan SKE.

nih yang namanya SKE” kakak saya nunjukin karena dia pernah kesana sedangkan saya belum.

gimana mau masuk lihat-lihat ga? ” lanjutnya.

” yah udah di depan gerbang gini. Yaudah ayok! ” jawab saya.

Kami pun masuk ke area SKE. Setelah memarkir motor kami pun menuju loket penjualan tapi belum sampai kami dihampiri mbak-mbak yang nawarin tiket masuk SKE. Sebenare saya sih ga terlalu peduli tapi dia bilang gini,

kalau pakai kartu yang ini, masuk gratis satu orang. Kartunya isinya Rp.100.000 dengan harga Rp.85.000. Terus diskon 50% di semua wahana” katanya.

Jadi di SKE kartu itu digunakan sebagai alat pembayaran setiap mau menggunakan wahana. Di dalam juga disediakan tempat-tempat isi ulang jika sudah habis isi kartunya.

Ajegile. Diskon 50% cui. Langsung saya iyain. Dengan semangat 55 kami masuk. Promo mbaknya yang pertama benar, masuk gratis satu orang. Uhuyyyy.

Kesan pertama saya waktu masuk ke SKE, themeparknya kecil. Wahana cuma ada beberapa. Wahana yang menarik perhatian saya cuma ada 3 yakni bioskop 4D, sepeda terbang (ini cuma istilah saya entah apa yang benarnya) dan bianglala.

Bianglala
Bianglala

Pertama saya ke bioskop 4D. Yang jaga ada 3 mbak-mbak.

tunggu sebentar ya mas, bentar lagi sudah bisa masuk!” kata mbak yang jaga.

Sssst jangan mikir kotor. Eh saya ding yang gitu :P. Dengan gerakan yang lincah mbaknya mengesekkan itu ke anu. Itu kartu SKE ke reader kartunya. Saya hanya bengong saat liat nilai saldo kartunya.

Gini hitungannya. Kan Rp100.000, buat masuk Rp15.000 satu orang karena gratis 1 orang, berarti masih Rp85.000. Terus wahana 4D satu orang Rp30.000, habis digesek tinggal Rp25.000. Kampret!!! mbak yang jualan tiket ngibul. Katanya diskon 50%. Kembaliin duit sayaaaaaaaa.

Saya cuma bisa pasrah. Yarobi semoga mbaknya kembali ke jalan yang benar.

Kembali ke 4D. Namanya kan bioskop, ya jadi saya bayanginnya paling ga 15 sd 30 menit gitu ya. Lah ternyata cuma ngliat kereta seolah-olah jalan dan kita naik diatasnya selama 5 menit doang. Memang sih saya pernah naik yang begituan juga waktu di Dufan atau Jatimpark tapi ntah kenapa saya ga rido kali ini. Gegara diskon boongan juga kali ya.

Dengan sisa Rp25.000 saya sudah ga ada bayangan mau naik apa lagi. Bioskop yang hanya seuprit aja Rp30.000. Ternyata masih bisa buat naik sepeda terbang karena untuk seorang hanya Rp10.000. Lumayanlah.

Sepeda terbang
Sepeda terbang

Overall, untuk ukuran Jogja entah mengapa saya merasa tiketnya agak kemahalan. Wahananya juga ga banyak banyak amat. Selain itu, yang saya jadi agak bingung kan namanya edupark yang artinya taman untuk pendidikan tapi sepenglihatan saya kayaknya ga ada wahana yang berkaitan dengan science. Tapi kalau untuk mencoba hal yang baru di Jogja sih, mengapa tidak? Selamat mencoba 🙂

***

Sindu Kusuma Edupark

Jalan Magelang Yogyakarta Km 3. Telp (0274) 5306456

Www.kusuma-edupark.com

Pengunjung yang baik meninggalkan jejak berupa komentar :)

