Plastik Kresek Berbayar

Bagi kita bukanlah hal yang asing lagi melihat dan mendengar berita tentang banjir dengan sampah menggunung saat musim hujan. Apalagi di Jakarta yang notabene salah satu kota terpadat di Indonesia. Salah satu langkah yang diambil pemerintah  berkaitan dengan masalah itu baru-baru ini melalui kementerian Lingkungan Hidup adalah adanya SE tentang pemungutan biaya untuk penggunaan plastik kresek d supermarket.

Tujuannya apa? Tujuannya adalah untuk mengurangi penggunaan plastik sehingga sampah juga berkurang. Simpelnya sih harapannya dengan disuruh membayar, konsumen akan merasa keberatan dan memilih membawa plastik yang sudah dipunyai atau bisa juga bawa totebag sendiri.

Menurut Greeners.co, rata-rata konsumsi plastik orang Indonesia mencapai 700 lembar per tahun atau hampir 2 lembar sehari. Nah kalau bisa bawa totebag sendiri kan nanti bisa berkurang juga sampah plastik.

Screenshot_2016-02-28-10-22-17_1_1
Netizen berkomentar

Halah cuma 200 perak, apa efektif? Mungkin kita akan berkata demikian. Bagi saya urusan efektif atau ga itu belakangan. Yang penting adalah iktikad baik pemerintah untuk mengajak warga peduli dengan lingkungan. Lagipula sejatinya suatu kebijakan memang susah diukur tingkat kesuksesannya bukan? Susah lo ya bukan tidak bisa karena bagaimanapun banyak hal lain yang ikut berpengaruh.

Screenshot_2016-02-28-10-27-37_1
Salah satu komentar netizen

Mungkin awal memang  biaya sebesar 200 masih ga terasa tapi siapa yang tahu nanti jadi 2000 atau malah 5.000 kayak di Ambon (Kompas).

Screenshot_2016-02-28-10-54-57_1

Dana yang terkumpul kan bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat seperti penyediaan fasilitas kesehatan, toilet umum, bank sampah, atau kalau perlu buat pabrik pengelolaan sampah modern. Who knows?

Yeah akhirnya satu per satu urusan ribet Indonesia mulai dipikirkan pemerintah walaupun masih banyak yang mesti diperbaiki lagi.

Mari dukung kebijakan positif pemerintah:)

Iklan

Pengunjung yang baik meninggalkan jejak berupa komentar :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s