Berendam Air Hangat di Candi Umbul Magelang

 

Kebetulan beberapa hari yang lalu saya ada waktu mudik lagi ke Magelang karena ada acara. Nah setelah kelar acara, adik saya -Bari- ngajakin jalan kemana gitu. Tapi rasa rasanya kok bosen kalau ke Jogja lagi. Maunya ke arah Magelang saja. Kebetulan juga beberapa hari sebelumnya saya lihat di IG nya Rere (teman kantor dulu), dia ngepost foto waktu di candi Umbul. Nah Bari juga ngajakin ke tempat wisata yang pemandian juga. Cocokkkk !

Candi Umbul letaknya di Grabag Magelang, setelah terminal Secang. Untuk menemukannya sangat mudah. Berbekal GPS di Hape maupun GPS manual (Gangguin Penduduk Sekitar) juga bisa. Dari jalan raya kira-kira 300 meter melewati jalan turunan yang lumayan curam.

Untuk yang pakai kendaraan seperti mobil sepertinya jalannya berbeda karena jalannya sempit dan di tengah jalan menuju candi ada portal yang sepertinya sengaja dipasang. Sebelum masuk kita akan diminta membayar tiket. Saya tidak tahu persisnya cuma untuk saya dan Bari plus parkir diminta Rp7.500. Sayangnya kami ga dikasih tiketnya, entah sengaja atau karena belum dikelola pemda sehingga masih dikelola seadanya.

Jangan bayangin candi Umbul seperti candi pada umumnya. Tidak ada yang namanya stupa disini. Begitu masuk gapura kita akan jalan sedikit dan ketemu kolam pemandian air hangat. saya sendiri tidak tahu apakah pemandian ini ada sulfurnya atau ga karena tidak ada bau-bau sulfur sama sekali. Apalagi juga ga ada papan informasi apa-apa. Kata pengunjung lain ketika ngobrol sih pengelolaan candi Umbul lagi mau diminta pemda jadi mungkin sekarang belum dikelola dengan baik. Buktinya tempat bilas aja terbuka dan tidak ada pemisahan antara tempat bilas pria dan wanita. Kan jadi lihat-lihatan aurat *clegukk.

P_20151219_130219_1

Kolam yang tersedia ada dua berjejer dengan ukuran sekitar 4×6 meter. yang satu dibagian lebih atas dan satunya sedikit lebih pendek. Sumber air panasnya ada di bagian yang lebih tinggi.

Air yang ada di kolam tidak terlalu panas, bisa dibilang hanya hangat suam suam kuku jadi lumayan betah berlama-lama.

Selamat mencoba kalau lagi berkunjung ke Magelang 🙂

Iklan

5 pemikiran pada “Berendam Air Hangat di Candi Umbul Magelang

Pengunjung yang baik meninggalkan jejak berupa komentar :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s