Adu Syahwat Belanja di Harbolnas 2015

Apa itu Harbolnas? Hari kebobol nasional? Bisa jadi begitu. Alias kebobolan anggaran belanja. Bagaimana tidak, di Harbolnas berbagai perusahaan e-commerce memberikan diskon barang-barang yang gila gilaan.

Ga cuma perempuan aja yang pada belanja online. Buktinya di kantor banyak juga pegawai pria yang pada ikutan belinji belinji.

Eh benerin dulu deh kepanjangannya. Harbolnas adalah kepanjangan dari Hari Belanja Online Nasional yang berlangsung dari tanggal 10 sd 12 Desember 2015. Harbolnas merupakan hari yang digagas oleh komunitas e-commerce untuk memperkenalkan dunia belanja online kepada masyarakat. Hal ini sudah berlangsung sejak 2012.

Lantas, apa manfaat dari adanya event Harbolnas?

Pertama dari sisi perekonomian. Pemerintah tentu ikut senang jika rakyatnya banyak belanja karena pemerintah bisa memungut PPN dari tiap belanja yang merupakan obyek pajak. Selain itu, konsumsi juga merupakan salah satu pembentuk pendapatan nasional (GDP). Makanya ayo bantu pemerintah membangun negeri dengan belanja! #ngook. Tapi kalau bisa produk dalam negeri 🙂

Bagaimana dari sisi perusahaan? Perusahaan ga akan bangkrut karena event ini malah sebaliknya. Yaiyalah mana ada ngadain event iklan mau rugi :p. Sebagian besar mungkin ngasih diskon beberapa kali tapi tentu kita juga tahu kalau marketer pasti lebih jago soal ngeset harga sebelum diskonnya. Itu ada diskon yang sampai 90% cup, gimana? Iya paling beberapa item. Itu juga nanti ketutup dengan untung dari produk lain yang terjual.

Bagi kita (saya), pandai-pandailah memilih dan memilah. Tidak semua hal yang diskon layak untuk kita beli. Bisa jadi barangnya memang barang sisa di tahun ini. Tapi kalau ada yang diskon 90% ya hajar aja. Kali aja bisa dijual lagi, bisa dapat untung.

Jadi sedikit banyak Harbolnas memang bermanfaat baik untuk skala kecil pribadi maupun buat perekonomian. Kalau saya sih mengharap satu hal. Semoga pemerintah mendukung program ini. Bagaimana caranya? JADIIN TANGGAL MERAH AJA. 🙂

Salam Desember

Iklan

Pengunjung yang baik meninggalkan jejak berupa komentar :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s