Tips dan Trik Skripsi Kelar Cepat Buat Jurusan Ekonomi Pembangunan

Perhatian, saya nulis ini hanya berdasarkan pengalaman aja sih. Jadi kalau kamu ga suka ya ga usah dibaca. Skip saja. Baca post yang lain aja ya. Toss.

Jadi gini. Kemaren kemaren kan saya baru selesai buat skripsi dan kalau dipikir pikir kok saya selalu beruntung. Gimana ga coba. Pas mau ujian outline, di jadwal dapat dosen killer. Eh di hari H diganti. Dihari ujian skripsi juga sama kejadiaannya. Jadi entah saya lulus karena skripsi saya apa emang faktor luck ya?

skripsi
Sumber : disini

Apapun itu mari saya jembreng sedikit tema skripsi saya.

Lucunya tuh gini. Saya kuliah D3 ambil Administrasi Perpajakan, terus ambil D4 (setara S1) jurusan Akuntansi. Anehnya karena tempat kuliahnya milik pemerintah jadi ga boleh ambil skripsi dengan tema akuntansi swasta. Lah. Bolehnya Akuntansi Pemerintah. Apanya coba yang mau dioprek-oprek. Akhirnya, saya ambil opsi lain. Ngambil tema keuangan pemerintah atau keuangan publik. Kenapa coba? Ya karena saya males kalau ambil kualitatif hahaha. Saya milih yang datanya lebih mudah didapat saja daripada yang repot repot sana sini eh ga dapat juga.

Jadi mana tipsnya cupssss?

Oke. Langsung aja dimari.

Pertama, pilih yang kuantitatif saja, kalau mau kualitatif skip saja bacanya.

Kedua, coba ubek-ubek web yang berhubungan dengan informasi keuangan. Contoh BI, Bapepam, OJK, Kementerian Keuangan dan sebangsanya lah. Nah biasanya disitu dijembreng data data untuk publik mau bulanan, semesteran maupun tahunan.

Ketiga, nah kalau data sudah dapat dari sana sini. Tugas berikutnya adalah pendalaman teori. Teori ekonomi apa yang sesuai dengan data data yang ada. Kalau cocok ambil kalau ga ya wassalam. Bisa juga sih lihat penelitian terdahulu, variabel apa saja yang dipakai. Paling gampang sih Replikasi alias skripsi orang kita buat lagi dengan data yang berbeda atau lokasi yang berbeda. Tapi ingat! Beda dosen beda standar. Bisa saja rencana skripsi macam gini dilempar ke kali sama dosbing kamu :p. Apalagi kalau sampai plagiat, jangan sampai deh ya. Masak sudah replikasi masih plagiat, apa kata emak mu?

Next, data oke. Teori oke. Tinggal coba coba mainin aplikasi pengolah data. Lihat apakah signifikan apa ga. Sekali lagi, beda dosen beda standar. Jadi signifikansi juga bisa diterima gitu aja sama dosen penguji tapi ada juga yang harus signifikan banget baru dilulusin.

Oiya. Yang paling penting sih cari dosbing yang mengayomi dan beneran membimbing serta membantu kita saat “perang” di ujian skripsi.

Yang paling penting sih faktor luck. Boro boro kelar skripsi kalau lagi apes baru ngasih judul aja udah dilepeh sama dosbing. Jadi masih mau buat skripsi ala cheft Yusuf?

Selamat berotak-atik gatuk mahasiswa sejati.

Bravo!

Pengunjung yang baik meninggalkan jejak berupa komentar :)

