Next Stop : Ambarawa

Sebelumnya…

Ambarawa berasal dari kata amba dan rawa. Amba dalam bahasa Jawa artinya luas. Jadi Ambarawa maksudnya daerah rawa yang luas. Mungkin kita pernah dengar legenda Rawa Pening, nah disinilah awal cerita itu berasal.

Sebenarnya tidak ada rencana awal saya mau mampir ke kota ini. kebetulan saja waktu lagi surfing di dunia maya nemu cerita cerita orang tentang Ambarawa dengan museum keretanya. Akhirnya masuklah kota ini jadi salah satu yang kota-yang-wajib-saya-sambangi. 

Pagi dari penginapan di Imam Bonjol Semarang saya langsung naik BRT ke arah Ungaran. Nah dari Ungaran nyambung dengan bus ke Ambarawa sekitar satu jam. Ancer-ancernya adalah Monumen Palagan Ambarawa  karena tepat di pinggir jalan. Kalau museum kereta api mesti jalan dulu dari pertigaan itu ke arah timur sekitar 400 meter.

Saya baca baca di internet katanya ada warung soto kuning di pertigaan itu, yang katanya enak dan murah. Etapi sudah saya cari clingak clinguk sana-sini kok ga ada ya. Tak ada akar rotan pun jadi, tak ada soto rawon pun jadi. Jadi yang ada di dekat pertigaan itu (agak sedikit masuk) malah rawon dan rasanya enak apalagi memang belum sarapan.

Saya baper waktu mau masuk menjelang ke gerbang museum kereta api karena rame banget dengan drum band. Segininya penyambutan pengunjung museum kereta. Eh ga tahunya itu pas tanggal 5 Oktober yakni hari TNI, ya pantes rame banget.

Jpeg

Jpeg

Salah satu alasan saya mau kesini adalah karena ada kereta wisata yang masih beroperasi untuk membawa pengunjung ke Tuntang melewati danau Rawa Pening. Membayangkan hal itu saja sudah membuat saya semangat dan bergegas masuk ke museum.

mbak, saya mau beli tiket masuk sekalian untuk naik kereta wisata dong” saya bilang ke mbak yang jaga tiket sambil ngliatin daftar harga tiket masuk dan tiket naik kereta wisata yang ditempel depan loket tiket.

kalau kereta wisata hanya ada kalau hari Minggu atau hari libur nasional mas” katanya.

Semprul, harusnya kemarinnya nih saya kesitu. Ini malah hari Seninnya kecuali kalau mau keluar duit puluhan juta sekian rupiah untuk menyewa kereta secara privat. Duit darimane?

Jpeg

Jpeg
*oot coba ya pemdanya bikin lomba selfie kek apa kek disini kan jadi makin terkenal museum ini, kali aja makin populer buat open trip kan

Sudah kepalang basah, akhirnya saya mencoba menikmati saja apa yang ada. Saya coba menelusuri kumpulan gerbong-gerbong kereta yang ada. Sesekali saya baca keterangan di depan masing-masing gerbong kereta uap itu. Lama-lama bosen juga apalagi saya jalan sendiri ga ada partner, uwoow… kalau begini baru berasa ingin langsung nyari istri saja.

Jpeg

Jpeg

Pengunjung disini juga sedikit banget, ya mungkin karena hari Senin itu. Selain saya, hanya ada seorang bapak dan anak kecilnya serta satu keluarga kecil.

Akhirnya saya memutuskan segera pergi dari situ menuju monumen Palagan Ambarawa. Jadi dulu kota Ambarawa ini adalah kota tempat Jenderal Soedirman perang dengan Belanda di masa perang pra kemerdekaan. Sebagai peringatan adanya perang itu maka didirikan monumen Palagan Ambarawa.

Kebetulan waktu saya masuk kesitu ada mbak reporter kompasTV yang lagi liputan, ya terus kenape cup?

Pertama masuk ke area monumen kita akan menemui bangunan kecil yang yang dinamai museum Letkol Isdiman. Isinya ada beberapa senjata yang dulu dijadikan alat perang. Nah di area monumen juga ada alat alat perang yang dipajang di area terbuka.

Jpeg

Jpeg

Jpeg

Jpeg

Jpeg

Jpeg

Setelah cukup puas melihat-lihat area itu, saya melanjutkan perjalanan dengan naik bus arah ke Magelang turun di pertigaan arah ke Temanggung. Dari situ saya naik  bus lagi untuk menuju Wonosobo untuk menuju tujuan utama saya DIENG

Berikutnya…

Iklan

2 pemikiran pada “Next Stop : Ambarawa

  1. Ping-balik: Ngapain Aja di Semarang Dua Hari Part 2 | Kubikel Yusuf

  2. Ping-balik: Dieng : Perjalanan Wonosobo ke Dieng | Kubikel Yusuf

Pengunjung yang baik meninggalkan jejak berupa komentar :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s