Cara Memesan Tiket Kereta dengan KAI Acces

Saya yakin kalau hampir pengguna kendaraan umum pasti sudah tahu kalau Kereta Api Indonesia (KAI) sedang dalam masa keemasan. Bagaimana tidak, dulu ibaratnya kereta itu tidak manusiawi dan tidak berperikehewanan. Manusia dan hewan umpek-umpekan jadi satu, entah hewan beneran atau manusia yang bertingkah layaknya hewan.

Tapi ini semua dulu. Semenjak negara api menyerang semua berubah. Lebih tepatnya ketika pak Jonan yang kala itu menjadi Dirut KAI merombak habis-habisan. Kereta yang tadinya asal ngangkut ntah manusia ntah apa, sekarang jadi manusiawi. Nguwongke uwong tenan. Ga ada lagi cerita pergi ke Jakarta dapat jatah berdiri apalagi di toilet. Kalau yang itu kayaknya sudah berita lama ya. Oiya waktu saya balik dari lebaran ada petugas yang dimarahi masinis (kayaknya) di gerbong karena ga berseragam lengkap. Paling ga saya sebagai penumpang jadi makin yakin nilai-nilai yang ditanamkan pak Jonan ga luntur walau beliau sudah naik level jadi menteri. 

Selain soal kereta, infrastruktur kereta Commuter Line (CL) juga banyak menjadi perhatian pengguna KAI. Lihatlah stasiun Pasar Senen yang hampir selalu ada perubahan berupa penambahan fasilitas. Bisa juga lihat di stasiun Juanda atau Palmerah. Bagus, bersih dan terkesan modern.

Nah salah satu hal krusial menyangkut perkeretaapian adalah soal booking tiket. Siapa sih yang belum pernah lihat berita yang tiap tahun selalu memberitakan antrian calon penumpang di stasiun.

Sekali lagi itu dulu. Sekarang sudah bukan jamannya lagi antri dari pagi sampai siang atau sore demi sebuah tiket. Atau pula menggunakan calo. Perkembangan internet dan smartphone ikut pula mempengaruhi bisnis operasi KAI. Kita pengguna android bisa download aplikasi KAI Acces di Play Store. Aplikasi sangat bermanfaat untuk membooking tiket. Meskipun ada biaya Rp7.500 masih oke binggo daripada mesti antri ke stasiun.

Berikut cara untuk menggunakan aplikasi ini.

Pertama buka Play Store, cari KAI Accces maka akan muncul seperti berikut ini. Lalu download dan install.

kai
kai

2

Kalau sudah terinstall maka tampilannya akan seperti ini

3

Langkah berikutnya adalah mengisi profil penumpang agar pas proses booking jadi mudah ga perlu isi-isi lagi.

4

Nah kalau mau pesan tiket langsung saja buka di Booking Tiket akan muncul tampilan formulir. Cukup diisi asal tujuan dan tanggal yang diinginkan serta jumlah penumpang.

5

Setelah itu akan muncul pilihan kereta yang bisa kita pilih.

6

Kemudian kita pilih kereta yang kita inginkan dan akan muncul informasi detail dan konfirmasi kebenaran informasi tentang kereta yang kita booking.

7

Nah setelah itu akan muncul Kode Bayar yang akan kita pakai untuk membayar harga tiket. Pembayaran tergantung dari pilihan yang kita pilih saat akan mengiyakan konfirmasi booking.

8

Setelah dibayar, bukti pemesanan akan diemail ke kita tapi kita cukup membuka bagian history untuk melihat detail pemesanan kita. Kode booking yang tertera disitu akan kita gunakan untuk mencetak tiket nanti saat di stasiun di tempat pencetakan tiket mandiri.

Nah mudah kan semoga ke depan makin banyak gebrakan KAI yang membuat kita sebagai pengguna makin nyaman dan aman. Salam.

Notes :

Waktu lebaran 2015 kemaren saya kesel juga sama aplikasi ini karena maintenance lama banget bisa dibilang selama lebaran aplikasi ini ga bisa dipakai. Semoga tahun depan hal-hal kayak gini ga muncul lagi ya.

Iklan

Pengunjung yang baik meninggalkan jejak berupa komentar :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s