Mencari Kebun Teh di Yogyakarta? Ada Nih di Nglinggo Kulon Progo

Momen setelah lebaran merupakan yang saya tunggu-tunggu karena di saat inilah saya dapat liburan bareng sodara-sodara saya. Untuk kali ini rasanya kami ingin yang baru bukan tempat tempat liburan yang sudah populer di Jogja. Rasanya kalau kesitu-kesitu lagi bosan juga.

“kita ke kebun teh saja” begitu kata kakak saya.

“lha emang ada kebun teh di Jogja ini?” Kata saya.

“ada di Nglinggo Kulon Progo

Akhirnya kami sekeluarga memutuskan untuk pergi ke kebun teh di Nglinggo Kulon Progo. Letaknya berbatasan langsung dengan daerah Magelang. Perjalanan ke kebun teh ini kami mulai dari Pasar Tempel di Sleman kemudian menyusuri jalan seperti dalam peta berikut ini.

n1

Tadinya saya ga ngeh kalo tujuan kami kali ini deket banget dengan Borobudur (tahunya pas pulang karena penasaran milih jalan lain). Jadinya kami memilih jalur tersebut yang rasanya lebih jauh.

n2

n3

Trek yang kami lalui relatif lancar dan kondisi jalan juga dalam kondisi bagus. Yang perlu ekstra waspada adalah ketika memasuki 2KM menuju lokasi karena kemiringan jalan yang relatif tajam. Bahkan saking beratnya medan –apa karena berat badan saya- saya mesti turun dari motor kakak saya di tanjakan terakhir sebelum memasuki lokasi. Tenang bukan hanya saya kok yang seperti itu.

n4

Sampai di lokasi kami kemudian memarkir kendaraan di tempat parkir dan berjalan sekitar 300 meter untuk menuju puncak kebun teh. Nah untuk yang ingin lebih menantang dapat mengikuti jalur trekking ke puncak bukit. Sepenglihatan saya ada 3 puncak yang bisa didaki disana. Jadilah kami memilih trek yang paling dekat dengan tempat parkir.

n5

Belakangan setelah saya sampai rumah dan browsing baru tahu kalau pemandangan paling bagus justru bukit yang paling tinggi dan menghadap ke arah Magelang karena dari sana dapat melihat gunung Merapi dan Merbabu dari ketinggian.

n6

Setelah puas melihat-lihat kebun teh dan pemandangan dari ketinggian, kami berpindah ke lokasi yang tidak jauh dari situ untuk menuju air terjun Watujonggol. Sayangnya air terjun ini termasuk air terjun musiman yang hanya ada di musim hujan. Sampai di lokasi kami cuma bengong kok ga ada airnya. Lagian petugas yang memungut tiket dan parkir juga tidak mengatakan kondisi itu.

n7

Akhirnya kami memutuskan untuk pulang dengan memilir jalur yang berbeda dengan berangkat dengan melalui jalur arah ke Borobudur. Jadi tips nih buat kalian yang lagi liburan ke Borobudur bisa sekalian mampir ke kebun teh ini jika masih punya waktu yang cukup. Apalagi yang mesti dingat kalau lagi musim liburan area Borobudur macet parah jadi ya mending ke kebun teh ini. Saking macetnya jadilah kami mampir makan siang di warung makan yang jualan sate dan Tong seng kambing di depan SPBU Mendut.

Overall Kebun Teh Nglinggo bisa menjadi pilihan bagi kalian yang ingin mencari tujuan selain yang sudah mainstream di Joga dan Magelang. Keeps eksplore kawan-kawan!

Notes: harga tiket masuk Rp3.000, jalan terjal di 2 Km menjelang lokasi jadi pastikan kendaraan dalam kondisi ok.

***

Kebun Teh Nglinggo Samigaluh

Ngargosari, Samigaluh, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55673, Indonesia

Iklan

Satu pemikiran pada “Mencari Kebun Teh di Yogyakarta? Ada Nih di Nglinggo Kulon Progo

  1. Ping-balik: Melihat Air Terjun Kedung Kayang Sampai Kayang | ayopergi

Pengunjung yang baik meninggalkan jejak berupa komentar :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s