Akhirnya ke Bandung Juga

Sejak beberapa waktu lalu saya ngebet pengen ke Bandung. Kesana sih pernah tapi itu dulu sekali waktu saya masih sekolah SMP bareng-bareng dalam study tour. Tahu sendiri kan yang namanya study tour itu ya gitu gitu aja. Datang lihat bentar pergi lagi padahal belum puas.

Nah karena kebetulan sekarang ini sedang banyak waktu luang ke Bandung lah saya untuk sekedar tahu seperti apa itu Bandung. Kalau biasanya saya wisata alam kali ini saya mau city tour saja.

Bermodal nekat aja sih masa iya di umur segini takut pergi sendiri. kalau mau ke Bandung sekarang tuh banyak banget pilihannya, bisa travel, bisa bus, bisa kereta api, bisa mobil sendiri, bisa pesawat kalau horang kayah. Kalau saya sih milih yang gampang saja dari Bintaro yaitu X-Trans cukup di Bintaro Trade Center langsung cus ke Cihampelas di Hotel De Batara karena saya pesan penginapannya di sekitar situ.  Harga tiketnya adalah  Rp105.000.

Jalan Cihampelas itu jalan searah dari atas ke bawah. Nah De Batara berada di bawah jadi kalau mau ke penginapan ya mesti jalan menyusuri Cihampelas. Deket kok. Apalagi sepanjang jalan itu dipenuhi pedagang baik makanan maupun baju jadi ya (ga)kerasa juga kalau jalan.

Dudulnya saya kok ya ga nanya orang atau ngecek alamat penginapannya jadi saya jalannya kebablasan sampai jalan Setiabudi. 1,5 Km ada kali ya. Baru pas merasa sudah jauh nanya orang dan kelewat alamatnya. Begitu balik lagi ternyata tuh hotel tadi sudah dekat cuma ketutup hotel lain.

Oiya jaman sekarang sih kalau nyari penginapan murah banyak apalagi aplikasi buat nyari nyari penginapan menjamur. Kalau mau yang lengkap dan paling terkenal ya ada Agoda, kelemahannya pembayarannya hanya bisa pakai kartu kredit. Ada juga Traveloka, Wego, Pegi Pegi dan lain lain. Tinggal bandingin saja harga, lokasi, fasilitas, review pengunjung sama budget yang dimaui.

Back to laptop…

Karena nyampai hotel juga udah jam 14.00 jadi hari rencana cuma mau menyusuri Ciwalk dan lihat lihat ke ITB. Di aplikasi maps sih deket banget lah dua tempat itu. Dan emang dekat (kalau didatangi). Itung itung latihan buat membentuk otot kaki. Bawaannya kok agak serem gitu. Mungkin karena gedung gedung lama.

Rencana kuliner hari pertama gagal total. Pengen ke Sate Duta di Cihampelas kagak nemu. Pengen ke bubur Mang Oyo deket ITB habis. Malamnya pengen ke kedai Ramen Ling-Ling di dekat Paris Van Java juga ga nemu-nemu. Kayaknya alam sedang meminta saya untuk diet. Jadi malah nemu Ramen Udin depan RS.Hasan Sadikin. Enak lo apalagi pilihan ramennya banyak. Terus ada minumannya juga unik cuma saya lupa nama menunya. Murah lagi harganya.

q1

ceritanya pada les gitu ya?
Ciwalk waktu malam
q4
Ramen Udin, Depan RS Hasan Sadikin

***

Di hari kedua, saya mau keliling sekitar gedung Sate dan Saung Kang Udjo. Nah kalau mau ke Saung Udjo dari Cihampelas naik angkot mesti jalan dulu ke jalan Cipaganti baru naik angkot jurusan Cicaheum-Ciroyom ongkosnya Rp6.000 terus bilang ke sopir minta turun di jalan Padasuka. Nah dari jalan mau ke Saung Udjo bisa jalan kaki cuma sekitar 300an meter, kalau mau ngojek juga bisa cuma Rp5.000.

Saung Udjo menawarkan wisata ala Sunda banget. Ada pertunjukan tari tarian, wayang golek, dan latihan bareng main Angklung yang pokoknya asik banget. Ga kerasa 2 jam pertunjukan sudah selesai saja. Padahal sebelumnya saya ngantuk berat karena bosen nunggu pertunjukan.

Oiya pertunjukan ini ada pagi dan sore. Pas saya kesana pagi kata Teteh yang jaga pertunjukan pagi sudah full booked jadi nya saya pergi lagi untuk kembali sorenya. Padahal ya walau itu full booked tetep aja kita bisa lihat lha wong bukan ruang ala ala bioskop yang ada nomor tempat duduknya gitu tapi kayak nonton pertunjukan di Dufan yang tempat duduknya berjejer-jejer atas ke bawah.

Souvenir yang bisa dibeli di Saung Udjo
Udah lama ya ternyata Mang Udjo ini
Angklung Towel

HTM ke tempat ini Rp60.000 awalnya saya merasa kemahalan apalagi pas muter-muter sekitar situ ya fokusnya hanya pertujukan itu saja. Tapi pas udah nonton worth it kok itu.

Nah sebelum nonton pertunjukan saung Udjo yang sore saya ngabur ke Museum Geologi. HTMnya adalah Rp3.000. Untuk kesana kita bisa menaiki angkot Cicaheum-Ledeng dengan ongkos Rp4.000 saja. karena sudah pernah ke museum Jatim Park yang bagus banget jadi rasanya ke museum ini kok ga ada apa apanya. Maafken pernyataan ini ya soalnya memang gitu rasanya.

Anak anak SD lagi pada study tour

Perjalanan berlanjut. Saya nemu Warung Pecel Kediri di depan Museum Pos. Rasanya saya lupa kalau sarapan baru sebentar. Apalagi ada Rawon yang ternyata rasanya enak.

Pas keluar dari situ saya lihat plang Museum Pos yaudah saya ingin sekalian berkunjung kesana. Gratis kalau mau kesana cukup isi daftar hadir saja.

Imho, museum ini sangat tidak terawat. Debu dimana-mana. Iyasih gratis tapi kalau ga terawat juga orang ogah datang juga. Sudah gitu tempatnya di bawah tanah jadi serem banget. Yaudah saya ngacir karena saya satu-satunya pengunjung yang ada waktu itu.

kemudian saya berjalan menyusuri Taman Lansia.

Wisata sejarah sudah, saya melanjutkan jalan menyusuri sekitar situ sampai ke Gedung Sate dan lapangan Gasibu. Terus mampir solat di masjid Pusdai. Suasana masjid yang nyaman dan dingin enak buat ngadem bentar setelah jalan sebelumnya.

Untuk makan siang saya ke rumah makan Bancakan di Jalan Trunojoyo sebelah barat Gedung Sate. Duh ini rasa rasanya pengen ngembat makan ini ina itu karena menarik semua, giliran lihat bill nya baru senewen. Barulah sorenya saya balik ke Saung Udjo.

masjid Pusdai
Warung Makan Bancakan

Jika ingin kembali ke Cihampelas kita bisa menaiki angkot yang sama seperti saat berangkat.

Kuliner belum berakhir malamnya saya nyobain ke Kedai Cihampelas 130 dari rekomendasi para blogger, katanya sih dari dari kedai ini kita bisa lihat jalan layang apaan gitu lupa namanya. Cuman emang cocoknya kalau mau lihat sebelum magrib aja atau saat masih terang biar maksimal kongkownya.

Letak kedai ini di seberang hotel Aston Tropicana. Sayangnya saat saya pesan Thai Tea rasanya ga enak sama sekali. Begitu pun dengan Mie Gorengnya. Hanya jualan pemandangan rupanya.

Kedai 130 Cihampelas. Thai Tea ga enak sama sekali

***

Di hari terakhir ini saya pengen ke area alun alun Bandung. Dari Cihampelas cukup naik angkot Kalapa-Ledeng dengan ongkos Rp4.000 minta turun pas di perempatan Jalan Asia Afrika sebelah gedung Keuangan.

Nah dari sini  tinggal jalan melihat jalan sepanjang Asia Afrika yang ditata sangat menarik. Terus saya mengunjungi Museum Konperensi kata orang Bandung. Gratis kalau mau kesini cukup isi buku tamu saja. Setelah puas dari sini saya lanjut ke masjid raya Bandung. Nah ini yang paling menarik. Saya membuat dokumentasi sampai puas.

gedung Merdeka aka Museum Konferensi Asia Afrika
   Museum Asia Afrika

Kuliner ga boleh lupa, tinggal ke barat dikit nemu deh Warung Kopi Purnama di Jalan Alkatiri. Warung ini sudah ada sejak tahun 1930 jadi ga heran deh opa oma yang ada disini. Urusan rasa enak lah disini apalagi kopi susunya.

Batu Peringatan KAA
Masjid Raya Bandung
Bandros
Warkop Purnama

Museum udah, masjid udah, kuliner udah nah berikutnya tinggal menyusuri jalan Braga. Sayangnya pas lagi asik jalan malah hujan.

Sambil hujan hujan saya tetep jalan berasa romantis banget jalanan ini tahu tahu sudah habis saja jalan Braga. Terus lanjut jalan ga jelas arah eh nyampe ke Taman Kota Bandung. Puas sampe sini saya balik lagi ke Cihampelas tinggal naik angkot Kalapa Ledeng turun Cipaganti arah fave Hotel.

q20

Tadinya saya pengen merescedule jam pulang ke Jakarta yang tadinya pesan jam 20.30 malam pengen secepatnya tapi masih jam 15.30 dan kata mbak yang jaga sudah ga bisa karena full booked.

Alamak padahal kaki sudah kaku rasanya kalau mau jalan jalan lagi. Jadinya saya ke XXI Ciwalk beli tiket nonton Avengers the Ultron buat ngisi waktu.

Dan jam 20.30 saya balik dari X-Trans De Batara ke Bintaro sampai jam 23.00.

***Selesai***

Pengunjung yang baik meninggalkan jejak berupa komentar :)