Foursquare yang (tak lagi ) Menarik

Bagi para anak yang kekinian pasti tahu apa itu foursquare. Aplikasi ini sempat booming beberapa tahun lalu. Lalu kenapa sekarang gaungnya kian meredup?

f

Perkembangan di bidang teknologi berkembang cepat. Begitu pula dengan aplikasi sosial media. Saya pun awalnya sempat kepincut dengan aplikasi ini karena di foursquare ada fiture check-in. Jumlah check-ini akan menentukan status yang dinamain badge. Misal kita ke 5 restoran yang berbeda maka ada badge restoran Indonesia. Selain itu, ada pula mayor yaitu sebutan untuk pengguna yang paling banyak check-ini di suatu tempat.

Saking gandrungnya dengan fitur badge dan mayor bahkan di kaskus ada tread yang membahas tentang bagaimana cara mendapat badge dengan cara check-in tanpa benar benar berada di tempat tersebut.

Semua itu dulu, sebelum pihak foursquare menyadari bahwa para pengguna kebanyakan hanya menggunakan foursquare untuk melihat tempat tempat yang direkomendasikan oleh orang orang tanpa harus check-in.

Akhirnya aplikasi ini pun berubah dengan menghapus fitur badge dan mayorship sehingga sekarang murni hanya untuk check-in dengan aplikasi tambahan swarm dan untuk foursquare berfokus untuk menyediakan informasi tempat tempat yang direkomendasikan.

Perubahan ini sedikit banyak membuat pengguna seperti saya jadi kehilangan minat untuk menggunakannnya. Apalagi bermunculan aplikasi lain seperti Path yang juga menyediakan fitur check-in. begitu pula dengan Facebook yang juga menyediakan fitur yang sama. Belum lagi Zomato yang juga mempunyai fitur rekomendasi tempat khusus untuk kuliner.

Tetapi tetap tidak ada yang menggantikan fitur badge dan mayorship padahal fitur itu yang paling menarik bagi saya.

Iklan

Pengunjung yang baik meninggalkan jejak berupa komentar :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s