Berkenalan dengan KRL Commuter Line

Yang namanya hidup di Jakarta emang ga akan terlepas dari yang namanya transportasi umum dari yang beroda 2 sampai yang rodanya besi semacam kereta api. Berhubung saya tidak mempunyai motor di Jakarta ini, mau ga mau transportasi umum jadi pilihan wajib kalau mau bepergian. Dulu sewaktu saya masih magang saya sering banget naik bajaj karena praktis dan lebih cepat karena bisa masuk jalan jalan yang ga bisa dilewatin taksi.

Nah sekarang saya mau cerita tentang commuter line. Kenapa? Pengen aja. Jadi commuter line ini masih satu saudara sama kereta jarak jauh antar provinsi di Jawa. Setiap ada libur atau cuti bersama maka kereta api menjadi primadona yang tiketnya akan langsung ludes dalam waktu kurang dari sejam setelah pembukaaan booking. Cadas pokoknya.

Lain kereta jarak jauh lain pula dengan commuter line. Commuter line ini kalau diplesetin jadi kok-muter-lin? Oke ini abaikan. Tapi emang rutenya ada yang muter sih terutama yang jurusan Jatinegara ke Bogor. Selain itu bagi pengguna pemula seperti saya beneran jadi muter-muter beneran karena bingung. Bahkan waktu mau naik di Senen saya juga ga ngerti keretanya datang dari kiri apa kanan.

Padahal sebagai orang Jawa yang konon hapal di luar kepala arah mata angin mestinya saya tahu dong kalau dari Jatinegara mau ke Tanah Abang. Bukan karena saya ga liat peta bukan. Tapi ya itu saya panik *ngeles.com.

ini peta Loopline CL dari laman CL disinikrl

Jadi kenapa saya sampai begitunya? Karena biasanya saya memilih naik transportasi yang lain kalau dari Senen. Misalnya dari Senen mau ke kosan saya di Bintaro maka saya memilih naik bus44 arah Tangerang turun di Kreo atau kalau lagi bawa banyak tentengan saya lebih memilih taksi. Tapi berhubung pengen coba coba kali itu saya memilih commuter line.

Berbekal janjian dengan teman yang berbeda tempat naik dengan tujuan yang sama (teman satu kosan) saya yakin mau nyoba naik CL. Jadi teman saya naik dari Jatinegara terus di ngasih tahu saya mesti naik yang mana pada jam berapa kereta mau masuk di Senen. Sederhana gitu aja sih.

Nah bagi para pemula atau sekedar coba coba naik CL ini bisa dibaca. Lumayan mencerahkan bagi makluk makluk miskin informasi seperti saya ini.

Ciaaaaoooo.

Iklan

Satu pemikiran pada “Berkenalan dengan KRL Commuter Line

  1. Ping-balik: Ayo ke Museum Episode 1 : Museum Bank Indonesia | ayopergi

Pengunjung yang baik meninggalkan jejak berupa komentar :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s