Mengenal Program D4 STAN

Tak terasa Desember sudah di pertengahan. Entah sudah berapa waktu saya tak menyentuh keyboard laptop untuk menulis disini. Ratusan bahkan mungkin lebih ide yang banyak terlintas pun tak jua jadi sebuah cerita disini. Tulisan merupakan output. Inputnya? Membaca barang tentu. Bisa jadi membaca buku atau pun situasi dan kondisi. Belakangan ini minat menulis saya teralihkan oleh tugas tugas kuliah yang menuntut waktu lebih.

stan

Tak terasa juga saya sudah memasuki pertengahan kuliah semester 8 di D4. Kuliah D4 sedikit banyak masih sama dengan kuliah dengan D3.

Berhubung beberapa teman yang lulus ujian saringan masuk D4 2013 menanyakan apa saja mata kuliah selama semester pertama, saya akan sedikit menjelaskan apa dan bagaimana kuliah di D4 ini.

Reguler VS Khusus

Program kuliah yang ada dibedakan menjadi yaitu reguler bagi yang waktu D3 merupakan lulusan jurusan Akuntansi Pemerintahan. Selebihnya akan masuk ke program Khusus. Bedanya? Untuk jurusan khusus akan ada satu semester matrikulasi. Agak aneh sih pas dengar awalnya tentang matrikulasi ini. Dapat dikatakan semester ini merupakan semester penyesuaian bagi lulusan non-Akuntansi supaya mempunyai pengetahuan yang cukup mengenai akuntansi.

Jadwal Ga Karu-karuan

Jika waktu D3 kita ditanya kapan jadwal kosong mungkin kita masih bisa jawab hari a b c  pagi siang atau malam. Di D4 berbeda, tidak ada yang namanya jadwal fix. Bisa saja yang seharusnya hari kosong tiba tiba kuliah atau sebaliknya.

Tugas Rutin

Jika di D3 tugas yang diberi dosen masih dalam tahap peningkatan hal teknis atau pengetahuan maka di D4 tugas yang diberikan bersifat analisis. Tentu hal ini cukup berat apalagi ketika tugas tersebut bersifat rutin dan berdeadline. Manajemen waktu merupakan kunci penting dalam mengerjakan tugas yang ada karena tugasnya tidak hanya satu. Bisa saja dalam seminggu ada tugas 4 atau 5.

Jurnal

Untuk mahasiswa jurnal tentu bukan hal yang aneh. Bagi saya yang tidak familiar mengenai jurnal, membuat jurnal merupakan tugas yang  tingkat kesulitannya tinggi karena diperlukan kajian teori dan pemahaman yang lebih terhadap tema yang diangkat.

Mata Kuliah

Di semester 7 mata kuliah yang wajib diikuti ada 7 yaitu:

Akuntansi Keuangan Menengah I

Akuntansi Biaya

Manajemen Keuangan

Manajemen Strategis

Manajemen Keuangan Publik

Sistem Informasi Akuntansi

Seminar Pemberantasan Korupsi

Demikian sekelumit hal mengenai kuliah D4 semoga menjawab beberapa pertanyaan dari teman-teman.

Iklan

2 pemikiran pada “Mengenal Program D4 STAN

Pengunjung yang baik meninggalkan jejak berupa komentar :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s