Tips Agar Badan Tetap Fit Saat Berpuasa

Hai halo bagaimana kabar kalian? Puasa lancar? Alhamdulillah ya kalau lancar. Ngomong ngomong tentang puasa tentu kita sudah tahu bahwa puasa bermanfaat untuk pencernaan karena organ-organ pencernaan yang setiap hari bekerja bisa beristirahat di siang hari. Selain itu produksi enzim-enzim pencernaan juga jadi lebih stabil karena pola makannya lebih teratur. Kebanyakan orang yang puasa akan mengalami penurunan berat badan karena konsumsi lebih rendah dari pada saat tidak puasa.

Berikut ini beberapa tips saat menjalankan puasa agar tetap lancar beraktivitas.

Mengonsumsi serat.

Untuk menyiasati agar tidak mudah lapar di siang hari saat puasa adalah dengan banyak mengonsumsi serat. Serat ini bisa didapat dari tumbuhan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

Untuk konsumsi nasi pilihlah nasi merah karena nasi merah mempunyai serat yang lebih banyak daripada nasi putih.selain itu nasi merah juga banyak mengandung vitamin yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Nasi merah juga sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol karena kadar glikemik yang rendah sehingga penyerapan lemaknya lebih sedikit.

Untuk pemula mengonsumsi nasi merah agak susah mengingat rasanya yang hambar tidak seperti nasi putih yang cenderung berasa manis saat kita kunyah. Apalagi nasi merah juga masih berbentuk bulir bulir saat sudah matang jadi lebih membutuhkan waktu untuk mengunyahnya. Untuk memberikan sedikit rasa bisa ditambahkan kecap manis saat makan.

Banyakin minum air putih saat sahur.

Tubuh kita perlu konsumsi air yang cukup karena saat siang hari banyak air yang dikeluarkan dari tubuh. Jika kekurangan minum akan menyebabkan dehidrasi sehingga tubuh terasa lemas dan sulit berkonsentrasi. Selain itu usahakan jangan minum yang manis manis saat sahur karena glukosa dalam minuman itu akan menyebabkan rasa haus. Segerakan berbuka terutama dengan yang manis secukupnya untuk mengganti energi yang banyak terkuras saat siang hari. Selain itu juga bermanfaat untuk mengisi energi untuk ibadah solat tarawih.

Olahraga secukupnya

Bagi yang sudah terbiasa berolahraga puasa tentunya bukan halangan. Tinggal menyesuaikan waktunya. Kalau biasanya olahraga di pagi hari bisa diganti waktu sore. Kalau yang beneran males berolahraga minimal saat nyari makanan untuk berbuka usahakan jalan kaki untuk tetap menjaga kebugaran tubuh.

Tidur secukupnya.

Meskipun katanya tidurnya orang berpuasa itu ibadah tetapi tidur yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Tidur yang berlebihan menyebabkan badan jadi kurang gerak sehingga lebih mudah capek saat beraktivitas si siang hari.

Nah itu tadi beberapa tips agar badan tetap fit saat menjalankan puasa. Selamat beribadah J.

Mari menuju kemenangan di hari Idul Fitri.

Iklan

Pengunjung yang baik meninggalkan jejak berupa komentar :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s