Master Chef Indonesia: apa menariknya?

ada yang mau masak??? mangga atuh

Sudah bosan dengan ajang pencarian bakat yang itu-itu saja? Menyanyi? Menari? Sulap? Ah itu mah sudah basi kali. Dari jaman AFI di Indosiar sampai yang sapu jagat semua bakat ala Indonesia Mencari Bakat atau Indonesian Got Talent mempunyai satu persamaan. Apa itu? Yak benar sms premium.

Sms premium mulai marak setelah AFI di Indosiar muncul (kalau ga salah) karena waktu belum ada program pencarian bakat yang dikenal publik. Cara sms ini merupakan cara untuk mendukung peserta yang menjadi unggulan atau idolanya. Dan saya akui dulu saya juga pernah terjebak sms seperti ini waktu  jaman idol itu masih anget-angetnya.

Dengan berjalannya waktu masyarakat tentunya mulai bosan dengan acara yang begitu-begitu saja. Acara yang dibuat sedrama-melankolis mungkin. Yah tentunya untuk meraih simpati publik yang ujung-ujungnya mereka rela sms demi sang idola tetap bertahan. Tapi setelah idolanya menang kemana idola-idola itu sekarang. Persaingan yang sangat ketat di dunia hiburan ternyata tidak cocok buat artis-artis karbitan dari hasil acara reality show semacam ini.

Kabar baiknya sekarang ada reality show yang menurut saya cukup menarik kembali perhatian yaitu Master Chef Indonesia. Acara ini adalah ajang pencarian bakat bagi orang-orang yang suka memasak. Acara ini ditayangkan di RCTI. Dimana letak menariknya? Berikut ini beberapa hal yang menjadikan acara ini menarik bagi saya.

 TIDAK ADANYA SMS PREMIUM TENTUNYA.

mending sms pacar ya (klo ada)

Bagi yang merasa selam ini dibohongi karena secara sadar tidak sadar pulsanya telah habis kesedot berbagai reality show, jangan kuatir di acara ini anda tidak kan menemukan proses sms-smsan. Cukup duduk manis sambil ngemil dan membayangkan enaknya masakan yang disajikan peserta. Dengan tidak adanya sms pemium, kualitas bukan lagi dinilai dengan jumlah dukungan tetapi benar-benar dinilai oleh orang-orang yang mempunyai skill di bidang memasak.

KOMPOSISI JURI MENARIK PERHATIAN PUBLIK 

seperti chef Juna yang identik dengan komentar pedas ala Simon Cowell di American Idol, chef Marinka yang cantik tentunya juga komentar yang masih lebih halus ala Paula Abdul, dan yang terakhir adalah chef master Vindex yang lebih bijak dalam memberi komentar.

TANTANGAN YANG BERBEDA DI SETIAP SESI

Di acara ini tantangannya sangat menarik dimana untuk aman dari eliminasi peserta harus melewati setidaknya tiga tantangan di setiap episodenya. Beruntung bagi pemenang di setiap tantangan karena mereka akan memperoleh kemudahan di tantangan berikutnya. Tantangnya mulai dari hal dasar seperti cara mengupas buah, memotong daging dll.

Kemudian tantangan dengan menggunakan satu macam bahan (one ingredient test), misteri box, invention tes, signature dish, grup test dan yang paling menegangkan tentunya pressure test yaitu tantangan terakhir bagi peserta yang masuk tantangan eliminasi. Apalagi setelah peserta hanya tinggal 10 peserta ada yang namanya black tim yang terus membayangi peserta pada setiap tantangan.

Kalau menurut laman ini, MasterChef Indonesia memiliki beberapa tantangan diantaranya adalah:

  1. Mystery Box  : Kontestan harus membuat masakan dari bahan-bahan yang ada di dalam kotak.
  2. One Core Ingridient  : Kontestan harus membuat hidangan dengan bahan dasar yang telah ditentukan
  3. Invention Test  : Kontestan harus menyiapkan sebuah hidangan hasil kreasi baru dari bahan yang ada
  4. Offsite Challenge  : Tantangan yang dilakukan di luar Galeri MasterChef .
PESERTA DARI BERBAGAI LATAR PROFESI
Peserta dari acara memasak yang kemasannya terkesan profesional tetapi pesertanya tidak semua berlatar belakang kuliner. Ada yang model, guru, ob, pengusaha, direktur, pemili kedai dan lain-lain. Hal ini yang menjadikan setiap tantangan menjadi seru karena perbedaan karakter yang muncul saat tantangan diberikan.
Iklan

Pengunjung yang baik meninggalkan jejak berupa komentar :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s